IBL

Dua tim ini sudah memastikan lolos ke play-off. Mereka juga sudah mengunci posisi di klasemen. Namun kedua tim tetap bertarung mati-matian demi gengsi. Itulah yang terjadi di laga penutup musim reguler IBL 2016 yang mempertemukan Satria Muda Pertamina Jakarta melawan M88 Aspac Jakarta, Minggu (1 Mei 2016).

Aspac langsung menyerang begitu laga dimulai. Namun SM lebih unggul dalam akurasi tembakan. Kuarter pertama ditutup dengan skor 15-12 untuk SM. Di kuarter kedua Aspac kembali mengambil momentum kali ini paint area SM yang lemah jadi sasaran. Aspac berbalik unggul 32-29 di kuarter kedua.

Lepas jeda, SM berganti strategi. Persentase tembakan dari luar garis tiga angka ditambah. Sementara mereka tidak pernah masuk ke paint area. Taktik ini berhasil. Aspac kembali tertinggal 46-48 di akhir kuarter ketiga.

Momentum kemenangan SM didapat di menit-menit akhir kuarter keempat. Aspac mencoba mengejar lewat tembakan tiga angka. Sayangnya Oki Wira Sanjaya dan Andakara Prastawa Dhyaksa kurang maksimal. Sebaliknya, Hardianus berhasil melesakkan tembakan tiga angka akurat, yang membawa SM memimpin 59-56. Setelah itu, SM bisa mengamankan kemenangan hingga pertandingan ditutup dengan skor 63-56.

Vinton Nolland Surawi tampil impresif dengan torehan 12 poin, sembilan rebound, tiga assist, dan satu steal.

“Effort para pemain di game ini lebih terlihat. Anak-anak bisa belajar dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan pada pertemuan sebelumnya. Untuk play-off, kami harus bisa konsisten di sepanjang game. Dan kami tetap menargetkan untuk menjadi juara IBL musim ini,” kata coach Wiwin, sapaam Cokorda Raka Satrya Wibawa.

“Akurasi tembakan kami di paint area lawan kurang baik hari ini. Tapi, overall defense kita lumayan bagus, dan para pemain juga sudah berusaha dengan maksimal. Mungkin, ini tidak memengaruhi posisi klasemen, tapi gengsinya itu yang jadi pertaruhan," ujar kepala pelatih Aspac, JugiantoKuntardjo.

Dengan hasil ini SM mengakhiri regular season di posisi keempat dengan 56 poin. Mereka akan menghadapi Garuda Bandung di play-off. Sedangkan Aspac berada di posisi ketiga dengan 58 poin. Berarti Aspac akan bertemu Stadium Happy 8 Jakarta di play-off.

Foto : Dokumentasi IBL

Komentar