IBL

Waktu menyisakan dua detik di kuarter empat. Garuda hanya punya satu kesempatan membalikkan kedudukan. Sayang, tembakan terakhir Rizal Falconi tak membuahkan hasil. Pertahanan Stadium nyatanya memutus asa Garuda.

Pada pertandingan itu, Stadium menang tipis di C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, dalam gelaran Indonesian Basketball League (IBL) Seri 5. Mereka unggul satu angka atas Garuda pada Jumat (8 April 2016). Skor akhir 46-45. Raymond Shariputra dkk. patut merayakan kerja kerasnya. Sumbangan 16 angka darinya membuahkan hasil positif.

"Permainan tadi sangat baik," ujar Raymond. "Sempat ada masalah, tapi Coach punya solusi."

Memang tidak mungkin mengesampingkan peran kepala pelatih Stadium, Andre Yuwadi. Sebagai pelatih, Raymond menilai pelatihnya telah memotivasi pemain. Begitu pun sebaliknya, Andre, mengapresiasi anak asuhnya. "Mereka sudah mau mengikuti (instruksi) dan menghargai pertandingan," ujar Andre.

Menurut Andre, timnya bisa mengimbangi permainan lawan. Pertahanan sama-sama kuat meski beberapa kali ada kesempatan akibat kesalahan lawan. Sayangnya, kesempatan itu, menurut Andre lagi, tidak dimanfaatkan dengan baik.

"Sayang, beberapa kesempatan tidak bisa dikonversi menjadi angka," jelas Andre. "Ada beberapa turnover lawan tidak dimanfaatkan."

Sementara di kubu Garuda, kepala pelatih Fictor Gideon Roring mengakui, keberuntungan tidak berpihak padanya. "Dewi Fortuna hari ini gak ada," katanya lalu tertawa. Ia menilai timnya kurang rotasi pemain. Beberapa penggawa memang harus menepi akibat cedera sehingga pilihan menjadi sedikit. Daniel Wenas dkk. perlu bekerja keras. Seperti kali ini, ia menyumbang 14 angka dan 10 rebound.

Walau kalah, Ito--sapaan Fictor--menganggap pertandingan ketat itu hal bagus. Ia bisa mengambil pelajaran dari sana, terutama masalah tekanan. Pertandingan ketat itu diharapkan membuat anak asuhnya terbiasa menghadapi situasi apapun. Apalagi, ia menilai, babak Championship Series boleh jadi akan begitu juga.

Pertandingan selanjutnya, Stadium akan melawan Bimasakti Nikko Steel Malang. Sementara Garuda akan melawan JNE Bandung Utama di laga penutup seri ini. Keduanya berharap bisa memenangkan laga terakhir itu.

Foto : Dokumentasi IBL

Komentar