IBL

Menjelang akan digelarnya Indonesian Basketball League (IBL) Seri 6, PP Perbasi juga menggelar Penataran Lisensi Pelatih B-A dan Penyegaran Lisensi Pelatih B dan A. Kali ini Perbasi menggelar di Surabaya, 19 hingga 22 April 2016.

Puluhan pelatih dari seluruh Jawa Timur hadir di lapangan basket DBL Academy untuk mengikuti kegiatan ini. Empat pemateri yang memberikan ilmunya adalah Rastafari Horongbala (Direktur Teknik M88 Aspac Jakarta) sebagai pemateri utama, Bambang Asdianto Pribadi (Pelatih Timnas Basket Putri Indonesia di SEA Games 2015) yang menyampaikan materi tentang Statistik, Game Management & Scouting, Periodesasi, Practice & Season Plan. Kemudian dua pemateri lainnya adalah M. Zikra (Physiotherapy & Recovery Management) dan Kelana SAJ (Materi Fisik).

Tak hanya memberikan teori, para pelatih juga mempraktikkan materi yang diberikan. Seperti praktik konsep zone defense, zone press dan man to man, hingga transisi defense ke offense.

"Enam kota penyelenggaraan ini cukup bagus. Responnya juga beragam. Kalau di Jawa Timur (Malang dan Surabaya) mereka masih malu-malu untuk bertanya, terlebih di Jawa Tengah (Semarang). Berbeda dengan di Jawa Barat (Bandung)," ujar coach Bing, sapaan akrab Bambang Asdianto Pribadi.

Dari kegiatan ini, lanjut coach Bing, Perbasi bisa melihat kemampuan para pelatih di daerah. Mereka yang kini terjun di sekolah-sekolah maupun di klub-klub, kualitasnya masih belum memadai. Seharusnya mereka bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan baik.

"Bertemu dengan pelatih sekaliber Rastafari Horongbala itu kesempatan yang sangat langka, silakan mereka menyerap ilmu sebanyak-banyaknya," tambahnya. "Sayang sekali bila masih ada pelatih-pelatih yang mendaftar, tapi mereka tidak datang. Seharusnya mereka meluangkan waktu empat hari saja, demi karir kepelatihan mereka di masa depan. Bukan hanya mengambil lisensi saja."

Komentar