IBL

Kevin Durant, Kyrie Irving, Stephen Curry, James Harden, Damian Lillard, Kobe Bryant, LeBron James dan banyak nama lain di NBA memiliki sebuah kesamaan. Mereka memiliki logo yang mewakili nama mereka.

Selayaknya logo, tampilan visual ini adalah representasi karakter, gaya bermain dan citra sang pemain. Logo-logo nama pemain NBA ini sudah sangat terkenal berkat posisinya yang kerap menempel pada produk-produk basket seperti sepatu, t-shirt, dan lain-lain.

Bagaimana dengan pemain Indonesia (IBL)?

Rudy Nugroho, desainer grafis lulusan Universitas Pelita Harapan mencoba mewujudkannya. Mengaku sedang menyukai tim CLS Knights Surabaya, Rudy membuat logo untuk beberapa nama pemain dari tim yang tengah berada di puncak klasemen sementara IBL 2016 tersebut.

"Iseng saja ketika ada waktu luang," ujar Rudy Nugroho tentang karya-karyanya. "Saya lihat pemain-pemain di luar negeri pada punya logo sendiri. Saya pikir, sepertinya bagus kalau pemain-pemain kita juga punya logo sendiri."

Meskipun sudah mengunggah logo dari beberapa pemain CLS Knights, Rudy mengaku sudah mendesain untuk beberapa pemain lain selain dari CLS Knights. Hanya saja memang belum sempat diunggah.

"Saya melihat karakter pemain, mainnya bagaimana di lapangan," ulas Rudy tentang proses kreasinya. "Kebanyakan saya ambil ide dari inisial nama dan nomor punggung pemain."

Rudy sendiri mengaku belum kepikiran untuk mengaplikasikan karya-karyanya ke media siap pakai seperti kaus, stiker atau yang lainnya.

"Kalau para pemain mau membuat, saya akan kasih. Tapi silakan bikin sendiri," jelas Rudy yang di akun instagramnya, @RudyNugroho57 juga menampilkan beberapa rancangan ulang atas logo beberapa tim IBL dan WIBL.

Komentar