IBL

Semarang menjadi kota keempat gelaran Indonesian Basketball League (IBL) 2016. Mulai 12 hingga 20 Maret mendatang 32 pertandingan basket kasta tertinggi tanah air akan berlangsung di GOR Sahabat Semarang.

Panasnya persaingan akan mewarnai IBL 2016 pasca jeda paruh musim. Beberapa perubahan terjadi di kontestan IBL. Seperti Hangtuah Sumatera Selatan yang kini tidak lagi dinakhodai oleh coach Tondi Raja Syailendra. Andrie Ekayana dan kawan-kawan akan berada dibawah komando coach Paul Mario Sanggor. Ini adalah debut coach Paul yang sebelumnya menduduki posisi asisten pelatih di Hangtuah. Kemudian yang menarik ada nama Antonius Joko Endratmo yang kembali mengisi kursi asisten pelatih M88 Aspac Jakarta.

Sementara itu dua klub IBL bertukar pemain atau trade di paruh musim ini. JNE Bandung Utama menukar Saleh Afriatna dengan Papin Robertus Nadapdap dari Stadium Happy 8 Jakarta.

"Hari Rabu kemarin (9 Maret 2016) jendela trade kami tutup, dan hanya ada dua tim yang melakukan pertukaran pemain," ujar Direktur Operasional IBL, Wahyu Buana. "Kami berharap dengan pertukaran dan pergantian di sisi tim pelatih membuat liga semakin menarik dan kompetitif."

Sementara itu Komisioner IBL, Hasan Ghozali menyatakan bahwa Seri IV Semarang bisa dikatakan sebagai seri panas. Selain banyaknya pertandingan big match, disini pula akan terjadi persaingan guna mengamankan posisi play-off.

"Saya rasa akan banyak pertandingan big match di Semarang, selain itu tim-tim juga harus berjuang untuk mendapatkan tiket ke babak play-off," tuturnya. "Dan, ini adalah kota pertama penyelenggaraan Women's Indonesian Basketball League (WIBL)."

Selain pertandingan IBL, Semarang menjadi kota pertama penyelenggaraan WIBL. Empat tim basket putri akan bersaing menjadi yang terbaik di tanah air. Mereka adalah Surabaya Fever, Sahabat Wisma Sehati Semarang, Tomang Sakti Merpati Bali, dan Merah Putih Predators Jakarta.

Foto : Dokumentasi IBL

Komentar