HoopsHealth: Memulihkan Nyeri Cidera Lutut yang Kerap Muncul

HoopsHealth #2, Seputar cidera lutut

HoopsHealth akan hadir setiap hari Minggu atau Senin menjawab pertanyaan dan konsultasi dari para pembaca setia mainbasket.com. Setiap pertanyaan yang masuk akan dijawab oleh Asep Aziz (Fisioterapis CLS Knights Surabaya) dan dr. AJA Hayyan (Dokter umum yang fokus dalam bidang kesehatan olahraga). Untuk yang ingin berkonsultasi, begini caranya :D

Berikut dua kasus tentang cidera lutut kiriman dari Ludovika Ajeng dan Andika.

Kasus 1.

Nama: Ludovika Ajeng

Usia: 19 tahun

Tinggi: 167 cm

Berat: 52 kg

Sekitar bulan Februari lalu saya mengalami cidera pada lutut kiri. Jadi waktu itu game, dan saya lagi keadaan lompat kemudian ketabrak teman saya dan jatuh. Pertamamya gak kerasa apa-apa, tapi pas saya bangun dan nyoba lari, lutut saya berasa sakit banget apalagi kalo ditekuk. Habis itu pelatih saya sedikit mengurut lutut saya. Terus saya kompres pakai es, dibalut tekan, dan ditinggiin juga. Nah terus bengkak besar terus sama sekali gak bisa ditekuk. Beberapa hari kemudian saya ketemu dokter kenalan pelatih saya. Dia cuma lihat kondisi saya aja terus bilang kalau saya mengalami cedera meniskus dan juga nyaranin saya untuk periksa ke ahli fisio. Tapi karena benar-benar gak sempet dan takut juga sih sebenernya, akhirnya saya gak periksa ke ahli fisio. Dua minggu setelah itu nyoba buat main basket lagi, tapi karena lutut gak bisa ditekuk akhirnya sekitar satu setengah bulan benar-benar vakum. Tiga minggu setelah cidera sudah mulai bisa ditekuk tapi masih berasa sakit banget, terus juga berasa kayak ketahan gitu mas. Masuk dua bulan mulai latihan basket lagi tapi masih yang ringan-ringan saja, masih berasa sakit walau gak terlalu parah, dipakai lari masih nyeri, dipakai lompat pas mendarat juga nyeri. Tiga bulan nyerinya cuma muncul kadang-kadang terus hilang sendiri sih. Nah tapi sampe sekarang nyerinya masi suka berasa bahkan kalau saya gak lagi ngapa-ngapain, kalau lagi tiduran misalnya. Nah yang mau saya tanya bagaimana yah biar rasa nyerinya gak muncul lagi? Teruskan sekarang saya kalau basket selalu pakai knee strap gitu, nah itu sebenernya efektif gak sih buat ngurangin nyeri lutut saya kalo lagi main?

Tolong dijawab ya, terima kasih banyak.

 

Jawab: 

Dari riwayat mekanisme cederanya kemungkinan benar mengarah ke cedera meniscus, meniscus sendiri adalah bantalan sendi lutut yang terdiri dari bagian medial (samping dalam)  dan lateral (samping luar) dan berfungsi sebagai shock absorber (peredam kejut) dan juga memperlancar gerakan pd sendi lutut. Cedera pada meniscus bisa berupa goresan / luka (microtears) , robek sebagian (partial rupture), serta robek total (total rupture).
Cedera meniscus menyebabkan masalah berupa nyeri, gangguan gerak sendi lutut, kelemahan otot. Untuk mengurangi nyerinya bisa menggunakan alat fisioterapi seperti ultrasound, MWD, atau TENS serta manual terapi (mobilisasi + manipulasi sendi) untuk menambah gerakan pada sendi dan harus diberikan latihan untuk menguatkan otot-otot di sekitar lutut. Dapat juga lakukan sepeda statis selama 15-30 menit dengan sadel yang ditinggikan.
Pemeriksaan bisa ditambahkan dengan MRI, untuk memastikan diagnosa. Penggunan knee strapp dapat membantu mengurangi tekanan pada lutut selama otot lutut belum kuat. Pada saat otot sudah kuat bisa diganti hanya dengan menggunakan kinesiotaping.
Kasus 2.
Nama: Andika
Usia:
Tinggi: 180 cm
Berat:
Saya sering bermasalah di lutut saya. Padahal sudah di kusuk beberapa kali masih saja juga bermasalah. Memang pertamanya sembuh, tapi kalau kira-kira dua minggu lututnya terkilir lagi. Tolong solusinya yaa, terima kasih.
Jawab: 
Biasanya berhubungan dengan penanganan cedera olahraga pertama yang salah, inget untuk DO RICER NO HARM. Kusuk alias massage dilarang pada saat pertama cedera karena akan merusak jaringan yang cedera, dan pulih dengan tidak maksimal dan mudah terjadi re-injurry karena kualitas kekuatan jaringan yang cedera menurun. Perlu diberikan latihan penguatan otot lutut kembali serta latihan stabilisasi untuk meminimalisir resiko cedera ulang, serta perhatikan warming up + stretching+ cooiling down nya.

written by

The author didn‘t add any Information to his profile yet.

19 Responses to "HoopsHealth: Memulihkan Nyeri Cidera Lutut yang Kerap Muncul"

  1. melo says:

    Kalo cara nyembuhin penyakit lutut osgood schlatter gimana ya? Saya udh dari smp kls 2 sampeskrg hmpr umur 18th kok kalo benjolan di kedua lutut ditekan masih nyeri jg ya?

    Reply
    • mainbasket says:

      Ceritakan saja riwayat cideranya, apa yang dialami, dan lain-lain lewat jalur/link “begini caranya” di atas yaa :D

      Reply
      • kenny says:

        Nama:kenny
        Umur:12 tahun
        Tinggi:150 cm
        Berat:39 KG
        Lutut saya yang bagian bawah tempurung lutut kok kalok di tekuk sakit banget uda 4 bulan lebih ngak sembuh” solusinya gimana ya
        Tolong jawab :)

        Reply
    • Hay says:

      Kami akan membantu dengan senang hati, sertakan juga umur, BB, TB, kejadian cedera, frekuensi latihan dulu hingga sekarang dan jenis latihannya, sudah diapakan saja. Osgood schlatter bisa sembuh kok :)

      Reply
  2. ludovika ajeng says:

    wah baru liat nih, ternyata uda di post hehehe
    selain latian sepeda statis latian apa lagi ya mas?

    Reply
    • raditya ashwidin says:

      wahh proses cederanya sama, kalau ada caraa nguatin otot lutut yang lebih lengkap tolong di share ya.. Soalnya lutut saya belum seberapa kuat, kalau lutut saya goyang dikit langsung seperti mau kembali terkilir.. Tolong share cara nguatin lututnya lebih lengkap ya..

      Reply
  3. Wiharja says:

    Nama : wiharja
    Umur : 23
    BB : 60
    TB : 173
    Kejadian cedera:
    Saya main bulutangkis sekitar 3 minggu lalu, sebelumnya saya jarang main bulu tangkis (sejak 1 tahun lalu), cederanya terjadi saat saya melakukan jump smash sambil berputar, terus saya merasa ada yang bergeser di lutut kiri saya, tapi tidak begitu terasa, saya berdiri dan melajutkan permainan kmbali. 2 jam kemudian saat saya coba tekuk lutut kiri saya terasa nyeri.
    Selama seminggu sampai sekarang nyeri itu gak hilang, setiap saya jongkok minimal 3 menit, terus berdiri (setelah jongkok) kerasa nyeri banget selama 30 dtk -1 menit setelah itu baru normal lagi, dan bisa berjalan seperti biasa.
    banyak artikel saya baca semua ciri fisik lutut saya mengarah ke “Meniscus” tapi tidak ada benjolan saja.

    Selama saya merasakan nyeri ini, saya belum melakukan treatment apapun, karena saya belum tau pasti ini kasusnya seperti apa,, mohon jawabannya..

    Reply
  4. Franciska Chen says:

    Apa pengobatan untuk cedera meniskus? apakah ada obat2an selain analgetik? Atau apakah dokter akan melakukan traksi? Atau hanya dengan olahraga yang memperkuat otot lutu dan paha?
    trims

    Reply
  5. sonny aditya says:

    Tinggi:180 cm, Berat:70 kg

    Sy atlet volly dan punya keluhan pd lutut, awal mulanya sewaktu sy melompat trus pd saat mendarat lutut terasa lemas!! Dan tiba2 sy tdk bs melompat lg, serasa lose power gtu, pdhal saat mendarat td posisi kaki stabil. Yg ingin sy tanyakan termasuk cidera ligamen atau meniscus. Trus bgmana cara untuk menghilangkan rasa nyeri pd lutut sy sehingga sy bs melompat lg. Terimakadih

    Reply
  6. rio charles ferdinandus says:

    saya mau tanya,istri saya pada lutut kirinya megalami luka sobek pada bantalannya,sementara istri saya tidak pernah mengalami cedera jatuh atau terbentur pada lututnya & juga istri saya bukan seorang atlet atau orang yang gemar berolah raga. Yang menjadi pertanyaan saya adakah penyebab lainnya sehingga menimbulkan sobek pada bantalan lututnya. TB 165 cm.BB 62kg,saya mohon penjelasannya,trima kasih

    Reply
  7. MF Rozi says:

    saya hobby olahraga, sekitar 1 bulan yang lalu main futsal, ketika melompat saya terdorong lawan sampai terjatuh dengan keadaan seperti duduk diantara dua sujud, setelah terjatuh tersebut bagian belakang lutut kiri saya terasa sakit dan nyeri hingga tidak bisa dilipat, nongkrong pun nyeri, padahal ketika main saya menggunakan knee pad. Lalu saya memutuskan untuk pijat, keadaan sedikit membaik karna lutut sudah bisa dilipat namun masih terasa sedikit nyeri ketika kaki diluruskan kembali kalau terlalu lama dilipat. Apakah sakit yang saya rasakan ini cukup parah? dan bagaimana cara penanganannya untuk dapat sembuh total.

    Terima Kasih banyak dan mohon dijawab ya.

    Reply
  8. taufan prihadini says:

    4 thun saya terkena osgood, tetapi pernah saya rest 1 bln nyerinya sudah hilang.namun akhir2 ini saya buat TC nyeri tersebut kambuh lagi, pdahal slama itu saya sudah mulai penguatan otot paha atas,,,apakah ini akan berdamapak pada kemampan lutut saya kedepan?? mengingat saya masih aktif sebagai atlet di kampus.Terimakasih,,mohon solusinya.

    Reply
  9. kenny says:

    Nama:kenny

    Umur:12

    BB:39KG

    TB:150CM

    Lutut saya yang bagian bawah tempurung lutut kok kalok di tekuk sakit banget uda 4 bulan lebih ngak sembuh” itu sakitnya karena waktu itu tertarik tolong solusinya gimana ya
    Tolong di jawab ya :)

    Reply
  10. irpani says:

    Saya usia 46 tahun, berat badan 85kg, jenis kelamin laki-laki, sudah satu tahun ini melakukan kegitan jalan kaki lebih kurangselam 45 menit, satu bulan yang lalu, saya mencoba untuk meningkatkan kegiatan olahraga saya dengan joging, awalnya dengan jalan dan joging, sekarang saya sudah mampu joging 3 km non stop, aktivitas joging ini saya lakukan setiap 5kali dalam seminggu. tapi sekarang timbul masalah pada lutut kiri saya terasa nyeri, mohon bantuan untuk masalah tersebut.

    Reply
  11. putra says:

    lutut saya sering goyang pada saat tertentu,trus jika saya sedang berjalan lalu tiba2 kambuh penyakit lutut saya yaitu goyang ,saya langsung jatuh dan tersa nyeri di lutut, pertanyaan say apa penyakit saya dn bagaimana cara mengobatinya. mohon di jawb

    Reply
  12. bibiana says:

    Waktu itu saya ujian taekwondo. waktu nendang kakinya kebanting trs tbtb lututnya sakit banget,gabisa digerakin. kalau dilurusin sakit. abis itu dibawa ke tukang pijit katanya geser,udah dibenerin sih tp sering sakit kalau olahraga kadang kumat. waktu itu jatuh dari tangga lutut nya geser lg kalau dibenerin tukang pijit sampe bunyi kreetuuk gitu. trs kadang lutut itu bunyi krek krek. kadang linu juga lututnya. Kdang pokoknya kalau aktivitas olahraga sering sakit trs kaya geter” gt kakinya. masih bsa sembuh gak ya ?

    Reply
  13. Donny Segovia says:

    Nih, saya juga terkena penyakit meniscus, dan udah lebih dari 3 bulan ! ga sembuh” klw jongkok nyeri, mw berdiri nyeri, terus yang ane takut nya kan ane maen futsal, ntar takut nya kenapa” ga bsa main kembali, ada saran ?

    Reply
  14. reddy merdiko says:

    Nama : reddy
    Umur : 24
    Tinggi : 177cm
    Bb : 75

    Saya cidera lutut kanan, wktu lay up tmpuan trahir kaki knan saya ditabrak dan mngkin jatuhnya agk terpelintir tapi sudah 2th lebih, dulu sempat foto ronsen tp kata dokter ortopedy g da msalah mngkin cma ototnya saya. Saya ngrasa lutut saya goyang ketika lurusin trus dtekuk kdang bunyi, dan klo lompat atau lari klo tumpuannya kurang tepat langsung jatuh dan ngrasa sakit, rasa nyeri d lutut, dan lgsung sulit buat jalan. Trkadang klo lgi duduk bersila, jalan kaki agk lama biasanya timbul nyeri di lutut. Mohon sharing untuk masalah lutut saya
    Trimakasih..

    Reply
  15. Lanny Adelin says:

    Nama : Lanny Adelin
    Usia: 15 tahun
    Berat badan : 60 kg
    Tinggi badan : 170 cm

    Keluhan:
    Sekitar bulan oktober saya latihan basket disekolah. Saat game, saya berlari dan tiba-tiba merasa lutut saya bergeser kuat sekali. saya tiba-tiba terjatuh dan sudah pincang berjalan. lutut saya membengkak dan tidak bisa ditekuk. penanganan pertama saya kompres dengan es batu sampai besoknya saya baru diurut. Kata tukang urutnya, lutut saya bergeser mungkin karena salah posisi saya juga ga ngerti. saya diurut sampai 4 kali. sudah sekitar 2 bulan lutut saya sudah bisa berjalan normal dan bisa ditekuk. Tapi, belum bisa bermain basket sepenuhnya karena berlari dan melompat masih pincang. lutut saya juga masih bengkak walaupun tidak sebesar awal jatuhnya. Terkadang nyerinya sering terasa apabila saya mulai banyak gerak dan dilutut saya sering terasa ada benjolan seperti tulang, kalau ditekan bisa bergerak didalam.

    Pertanyaan:
    1. saya bingung latihan apa yang harus dilakukan agar lutut saya bisa seperti semula dan tidak nyeri lagi.
    2.apakah mas tau benjolan apa yg ada dilutut saya itu?
    3.Bagaimana agar bengkak yang dilutut saya bisa hilang semua?
    4. Atas kasus yang saya alami tadi bagaimana seharusnya penanganan pertamanya dan apakah benar lutut saya mengalami pergeseran atau penyakit lain?
    Mohon pencerhannya ya Terima kasih sebelumnya :)

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>